Kementrian Sosial RI Berikan Penghargaan pada Kodir dan Mbah Sudiro

SLEMAN - Dua warga yang melakukan aksi penyelamatan siswa-siswi SMPN 1 Turi dalam kegiatan susur sungai Sempor, menerima penghargaan, hari ini, Selasa (25/2/2020).

Keduanya yakni Darwanto alias Kodir dan Mbah Sudiro.

Penghargaan yang diserahkan oleh Rachmat Koesnadi, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial RI.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi atas keberanian yang dilakukan.

Dalam pengantar singkatnya sesaat sebelum menyerahkan perhargaan, Rachmat Koesnadi, menyatakan Kementerian Sosial juga mengapresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh relawan yang terlibat dalam seluruh operasi penyelamatan serta proses evakuasi pada kejadian susur sungai Sempor.

Ia juga menambahkan bahwa, naluri kemanusiaan yang dimiliki oleh dua Kodir dan mbah Sudiro, adalah modal terbesar dalam segala aspek sosial dan kemanusiaan.

“Kami sangat mengapresiasi kerja kemanusiaan teman- teman semua, khususnya kepada pak Kodir dan pak Sudiro. Kalau tidak ada mereka, mungkin korban bisa lebih. Terima kasih banyak pak," ucapnya disambut tepuk tangan yang hadir.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi DIY, Untung Sukaryadi, juga menyampaikan hal serupa terkait naluri kemanusiaan sebagai modal utama, khususnya dalam menghadapi peristiwa dan bencana.

“Mas Kodir dan mbah Sudiro ini, patut dicontoh. Naluri kemanusiaannya membuat lupa kalau risikonya cukup besar. Nalurinya itu modal besar kemanusiaan," ujarnya.

Acara pemberian penghargaan dimasukkan kedalam rangkaian Sosialisasi Program Restorasi Sosial Kemensos RI, serta peresmian Sekretariat Relawan Sembada, yang diresmikan langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo. (*)


Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Kementrian Sosial RI Berikan Penghargaan pada Kodir dan Mbah Sudiro, https://jogja.tribunnews.com/2020/02/25/kementrian-sosial-ri-berikan-penghargaan-pada-kodir-dan-mbah-sudiro.

Editor: Muhammad Fatoni