Perbaiki Irigasi, Warga Ponorogo Temukan Jasad Bayi Dibungkus Kain Putih

Ponorogo - Warga di Ponorogo dikejutkan dengan penemuan jasad bayi di irigasi sawah. Warga Dukuh Kaponan 3, Desa Kaponan, Kecamatan Mlarak, Prayogo (25) mengatakan pihaknya saat itu sedang kerja bakti sekitar pukul 08.30 WIB.

Saat itu dirinya memperbaiki aliran irigasi sawah bersama dua orang lainnya. Dirinya melihat bungkusan di sekitar lokasi. Setelah dicek, ternyata terdapat kain warna putih.

"Sekitar jam 08.30 WIB, saya bersama 2 orang rekan kerja bakti terus saya lihat kok ada buntelan. Setelah saya tarik ternyata ada kain kayak kafan," tutur Prayogo kepada detikcom di lokasi, Kamis (30/1/2020).

Prayogo mengatakan karena curiga dengan kain kafan tersebut apalagi ada sebuah kaki keluar, dia pun memanggil dua rekannya. Atas penemuan itu, dirinya melaporkan ke pihak perangkat desa.

"Setelah dilaporkan terus dibuka kemudian baru tahu kalau jasad bayi berjenis kelamin laki-laki," imbuh Prayogo.

Akibat penemuan ini, warga pun langsung memadati lokasi kejadian. Salah satunya Saikun (45) yang sengaja menyempatkan diri untuk melihat jasad bayi tersebut.

"Yang saya tahu, bayi laki-laki. Masih utuh badannya tapi sudah berbau," tandas Saikun.

Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto mengatakan usia bayi diperkirakan 8 bulan dalam kandungan.

"Usia bayinya diperkirakan 8 bulan dalam kandungan. Kami mendatangkan tim forensik RS. Bhayangkara Kediri untuk mengetahui penyebab pasti kematian," kata kapolres.

Menurutnya, saat ditemukan jasad bayi tersebut sudah terbungkus kain kafan dan diletakkan didalam saluran irigasi sawah.

"Saat ditemukan jasad sudah dalam keadaan membusuk," tambahnya.

Disinggung soal penyebab, Arief mengaku masih menunggu hasil autopsi. Sekaligus dia ingin memastikan apakah jasad bayi tersebut dibunuh terlebih dahulu atau langsung dikuburkan.

"Nanti ya, hasil autopsi lebih jelasnya. Kita akan melakukan penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.