Selamat Ulang Tahun ke-58, Pak Jokowi!

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat beberapa kejutan di hari ulang tahunnya ke-58 hari ini. Jokowi juga sempat diberi kue ulang tahun lengkap dengan lilin, namun dia tak meniup lilin tersebut.

Kejutan kue ulang tahun disertai dengan lilin yang terbakar itu diberikan oleh sejumlah wartawan kepada Jokowi di salah satu restoran yang ada di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (21/6/2019). Usai makan siang, Jokowi dihampiri wartawan yang membawakan kue tersebut sambil mengucapkan selamat ulang tahun ke Jokowi.

Suasana menjadi riuh dan sukacita. Banyak yang tersenyum melihat Jokowi disodorkan kue tersebut.

Sambil tersenyum, Jokowi mengucapkan terima kasih namun dia menegaskan dirinya tak pernah merayakan ulang tahun.

"Saya itu tidak pernah merayakan ulang tahun, jadi jangan ada yang mengulangtahuni," kata Jokowi tersenyum.

Salah seorang wartawan lantas menyodorkan kue lengkap dengan lima batang lilin kecil yang menyala api. "Boleh ditiup Pak lilinnya," kata wartawan tersebut.

Jokowi kemudian melihat kue tersebut. Namun dia tak meniupnya.

Dia mengibaskan telapak tangan kanannya ke arahn lilin kecil itu hingga api di lilin itu padam. Jokowi pun tertawa. Para wartawan dan tamu lain di restoran itu bertepuk tangan.

Wartawan kemudian menanyakan harapan Jokowi untuk bangsa ke depan, berkenaan dengan hari ulang tahunnya ini.

"Ya kita ini harus mulai merenung apa yang harus kita kerjakan untuk bangsa ini 5 tahun ke depan. Tentu saja koreksi-koreksi yang akan kita kerjakan. Yang sudah dikerjakan 5 tahun yang lalu dikoreksi, dievaluasi kemudian ke depannya kita perbaiki," kata Jokowi yang lahir di Surakarta, 21 Juni 1961 ini.

Tak hanya di restoran tersebut, saat dirinya meninjau landasan pacu (runway) di Terminal 3 Bandara Soetta, sekitar 100 pekerja proyek runway tersebut kompak menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun ke Jokowi. Jokowi tersenyum dan menyalami para pekerja proyek tersebut.

"Terima kasih, terima kasih," katanya.

Tak hanya itu, usai salat Jumat di Masjid Nurul Barkah yang ada di dekat bandara, Jokowi juga mendapat ucapan selamat dari masyarakat yang menunaikan salat Jumat di masjid tersebut. Jokowi juga menyalami masyarakat yang memberikan ucapan itu dan kembali mengucapkan terima kasih.